Jurnal Ulat 3, Keluarga Baru untuk Berbagi Pengalaman


Belajar tak pernah sesadar ini! 

Sejak jadi ibu, aku merasa Allah membimbingku untuk balik lagi ke diriku. Awalnya bingung plus marah sih. Kok ya ketemu lagi sama alur-alur sedih nan tak menyenangkan.  Ternyata eh ternyata, kembalilah aku pada kesadaran, aku tuh suka belajar dengan menyenangkan. Baca buku, bermain, dan bebas. Alahmakjang, 32 tahun pik, eling umur. Ya kan belajar seumur hidup. Tangisan, balas dendam, dan ketakutan berujung pada pembelajaran. aku bilang sadar karena baru paham indahnya percaya diri. Percaya aku cukup untuk diriku. Bekal inilah yang nantinya aku gunakan untuk mempersiapkan anak-anakku menuju masanya mereka.

Begitu masuk Bunda Cekatan jadi banyak  oh  alias  mudengan. Ya ibu Septi menjelaskan dengan lembut juga berulang-ulang bahwa di Bunda Cekatan, aku akan belajar sesuai gaya serta kebutuhanku. 

Oleh karena itu, aku benar-benar eksplore diriku. Oh aku suka belajar sambil ada gambar warna-warni. Oh membaca cerita anak itu juga bisa menimbulkan perubahan perilaku padaaku. Oh membuat video  berisi wawancara ternyata menambah pilihan solusi untukku bertumbuh.

Meskipun begitu, batasan-batasan tetap perlu aku ingat. Namanya juga belantara ilmu ya tetap usahakan waspada agar bisa keluar sehat dan waras.

***
Minggu ini kehebohan terjadi hampir di setiap grup yang aku ikuti. Semua ramai dengan segala dinamika diiringi kegalauan juga. 

Setiap mahasiswi diizinkan untuk bergabung di keluarga yang memiliki makanan sama sehingga akhirnya bisa berbagi pengalaman untuk Go Live FBG Bunda Cekatan. 

Aku memilih manajemen emosi, fokus ngemil materi self healing di Inside Out Family. 

Seru sekali bahu membahu boyongan dari grup FB Bunda Cekatan, mengisi daftar sesuai minat di WA grup regional Bekasi, masuk lagi ke WA grup manajemen emosi. PENUH. Pindah ke Telegram.

Barulah pelan-pelan mengisi link agar dalam satu cemilan self healing misalnya terbagi lagi A, B, C masing-masing 35 orang. 


Jujur ini menyenangkan. Saling mengenal dalam waktu singkat kemudian sudah harus bekerjasama menyelesaikan tantangan berbagi pengalaman. Kemudian solid saling menguatkan mirip teman lama yang akhirnya ketemu lagi. Luar biasa ya Allah. Terima kasih aku bisa memiliki kesempatan mencicipi pengalaman 

Aku melihat betapa para ibu begitu semangat dan penuh dedikasi melayani. Meskipun gaptek, disambi pekerjaan rumah tangga, bolak-balik oleng karena obrolan tiba-tiba banjir.

Oke pelan-pelan lagi. Atur napas. Terlalu bersemangat bisa membuat tidak bisa tidur kan. Yuk, misal lagi oleng santai dulu. Baru buka pinned  message, baca sambil tenang barulah eksekusi.

#belajarmerdeka
#merdekabelajar
#janganlupabahagia
#jurnalminggu3
#materi3
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

No comments