5 Tips Memulai Bisnis Fotografi ala Emak Sensi


"Memulai, perlu keberanian. Membesarkan, perlu ilmu. Itulah kuncinya dalam bisnis." (Ippo Santosa)
Berawal dari niat untuk memaksimalkan kamera yang hampir tiga tahun suami hadiahkan. Aku ingin merasakan lagi bagaimana rasanya produktif dan bermanfaat. 

"Enak dong jadi ibu rumah tangga penuh. Gak ada kerjaan serius. Bisa santai."

Inginku berkata kasar kan yak. Namun dari situlah muncul ide untuk memulai bisnis.  Aku memantapkan niat untuk menggunakan kamera. Belum tahu sih mau bisnis apa dengan kamera.

Ceileee mpok bisnis, makan aja mager mau bisnis apaan. Ya dulu aku begitu memandang negatif diriku sendiri. Yang males lah, penakut juga, inner child belum selesai lagi.

Kemudian fotografi muncul, passion lama yang menyelamatkanku dari hasrat bunuh diri. Ya buat orang lemah kaya aku, mengakhiri hidup adalah pilihan teratas paling cepat. Fotografi memberikan lagi sensasi-sensasi kesenangan kembali ke diri sendiri tanpa harus langsung menghakimi.



***


Aku ingat sekali pertama kali ikut kelas fotografi adalah fotografi travelling bareng Linkers Academy yang jadi guru mba Marrysa Tunjung Sari (Sasha) dan mba Windy Ariestanty. Pas teori masih gak masalah ya, pas praktik pinjam lah aku kamera canon mirrorless dari kantor suami. Kagok. Namun aku berusaha menelan saja. Nanti juga mudeng.

Gak berhenti di situ aku ikut lagi beberapa kelas mba Sasha tanpa kamera lensa terus pake apa? Samsung J5 booo... Guru selanjutnya adalah mba Astrid Febrina Rizal dan Mba Silva Sandiarini yang mengajari styling, serta akhirnya bergabung dengan Yuk Belajar Bareng milik mba Amika. 

***

Alhamdulillah ketemu mba Amika yang selain pendiri YBB juga mengenalkan aku kelas BOW (Bimbingan Optimasi Whatsapp). Dari beliau lah aku belajar membangun bisnis fotografi yang insya Allah bukan hanya mikirin keuntungan tetapi juga pertumbuhan baik si pemilik yaitu aku dan juga klien yang nantinya ikut membesarkan Phalupi Photography.

Kamis kemarin aku mendapatkan giliran untuk praktik presentasi di grup lain selain grup 16 BOW 4, aku memilih grup rahasia aku yang memiliki tujuan mulia menjadi Emak Sadar. Semoga setelah ini emak juga lebih maksimal lagi dalam berbinis dari rumah. Tidak lagi senewen kalau dinyiyirin, "Enak dong di rumah aja gak ada kerjaan."






Lantas bagaimana aku akhirnya memulai bisnis fotografiku?

"Fotomu bagus mba Phal, boleh dong diajari."
"Aku mau minta fotoin produkku bisa?"

Ya Allah ternyata si Phalupi yang lemah ini punya kelebihan. Bisa juga produktif. Bisa juga bermanfaat bagi orang lain. 


Kemudian 5 langkah ini yang aku lakukan untuk memulai:

1. Membujuk suami untuk membelikan kamera yang sesuai anggaran bonus tahunan
2. Mempraktikkan ilmu fotografi dari semua guru dan bergabung dengan komunitas fotografi seperti YBB dan Linkers Academy
3. Mau menerima resiko dibayar lebih murah dari yang seharusnya karena buatku bisnis itu sama aja dengan pertumbuhan semakin banyak jam terbang, semakin mahal pula harganya
4. Investasi ke peralatan dan alat-alat yang mendukung bisnis fotografi
5. Selalu memperbaharui ilmu dan skill





Mini studio sudah ada, ilmu insya Allah selalu digali, tinggal logo dan promosi.



***

Tanya jawab dan tanggapan saat aku manggung  kemarin ⬇️⬇️⬇️

1️⃣ Assalamualaikum mba @⁨Phalupi Apik Herowati⁩  perkenalkan saya Amie dari Bekasi. Mba, bagaimana tipsnya mengambil foto suatu benda dengan kamera HP yang seadanya? 
Saya pakai Oppo, untuk melihat mode-modenya dimana mba? Maaf gaptek 🙈

➡️ Tips mengambil foto dengan hp adalah tahu pasti semua fungsi di hp sendiri.


tampilan menu kamera hp samsung A72018

Ini misalnya, mode mode apa aja yang ada di hp mba ⁨Amie. Kalau sudah tahu tinggal praktik biar paham bagaimana mode-mode itu bekerja. Kalau tidak terlihat biasanya ada di setting mba. 

Kesalahan yang umum terjadi adalah si tukang foto tak kenal dengan alat tempurnya. Normal sekali. Aku juga kadang masih lupa aku atur di posisi apa. Makanya aku sering sekali ikut kelas basic photography mba. Biar selalu refresh ilmunya.

2️⃣ Amie: untuk pengambilan fotonya, diambil dari posisi yang seperti apa ya mba? Supaya hasil bagus?

Ini tergantung lagi produk apa yang akan diambil fotonya, komposisi, dan konsep. Kamera lensa dengan kamera hp juga beda yang pasti adalah orang tidak salah fokus.

3️⃣ Amie: Selain foto produk yang akan jadi bidikan, apakah ada alat tambahan yang harus disediakan mba?

Bisa iya bisa gak mba. Terkadang klien ada yang minta produknya aja yang difoto. Ada yang minta pake properti. Balik lagi sesuai kebutuhan klien. Awalnya aku juga gak pede terima klien mba. Klien besar aku yang pertama adalah nikahan dan aku hanya pake lensa 45mm sendirian tanpa ada lampu-lampu tambahan. Hasilnya foto keluarga goyang semua.

Dari situ aku ambil banyak sekali pelajaran. Sempat merasa sangat bersalah tapi terus aku lepaskan dengan memberi free foto produk plus semua hasil foto RAW nikahan mereka.

4️⃣ Bangkit Lestari: Ma syaa Allah pengalaman berharga mba! Awal dari kesuksesan ya mba.

iya mba sangat ✍🏿. Aamiin🤲.

5️⃣ Bangkit Lestari: Aamiin allahumma aamiin.. semoga kelak jadi fotografer terkenal ya mba @⁨Phalupi Apik Herowati⁩ atau jangan-jangan sudah terkenal 🤩

Sudah tidak lagi ingin terkenal mba. Bismillah niatnya bermanfaat. Mau membuktikan ke diri sendiri kalau aku layak dicintai dan mencintai.

6️⃣ Dian: Masyaa Allah keren sharingnya. Balik lagi pengalaman adalah guru terbaik ya mba. Mau bagus ya harus rajin coba. Sukses terus bisnisnya semoga makin berkembang dan makin banyak yg terbantu😍😍😍

7️⃣ Citra: Semoga kalo nanti ada produk brand sendiri bisa konsul ke mba phalupi. Aamiin...

8️⃣ Adhe: Mba Phalupi, klo mau moto, ngaruh ke mood ga?

Awalnya iya mba. Sekarang aku punya jadwal harian yang bikin aku lebih konsisten.

9️⃣ Dyah: Wahh maaf mba phalupi br selese manjat 🙏🏻🙏🏻Maklum banyak iklan dirumah (baca:anak batita tantrum)🙈Pengalaman mba phalupi masyaAllah. Experience is the best teacher💗
Terus semangat ya mba! Hasil fotonya bagus-bagus 😍 Pinter edit-edit foto juga berarti ya mba?

Edit sekedarnya mba. Belum ikut kelas editing dasar soalnya 😆 *kode buat mba @⁨YBB Amika

🔟Adhe: MasyaAllah! Semoga makin sukses ya mba. Asik banget punya studio mini sendiri, jadi bisa makin gali ya. Ngilmu langsung praktek. Oia berarti kudu banyak punya pernak pernik pendukung bahan poto donk ya mba?

Secukupnya aja mba belum yang ampe butuh lemari terpisah😆.

Yang bikin aku semangat justru teman-teman yang bekerja di ranah domestik. Aku merasa sudah dikasih Allah ruang buat sejenak liburan jadi harus bersyukur. Harus maksimal. Aku lupa siapa yang bilang: IF SOMEONE TRUST YOU THEN GIVE THE BEST.

1️⃣1️⃣ Dewi: Sukses mba phal, gak mudah tuk berproses sambil membenahi diri, dan dikau sudah melakukan yg terbaik 🤗

I know you will be there and get my back. Mewek wes mewek😭

1️⃣2️⃣ Cheche: Mba Phal tanya dung,
* Apa benar belajar foto itu sama sama dengan belajar mengolah emosi dan kesabaran?
** Bagaimana cara menyamakan persepsi dengan klien? Sementara seni kan tentang selera.
*** Project mba phal selanjutnya apa nih?

Phalupi Apik Herowati: Mantappp👍🏻
* Kalau aku iya. Subjektif memang. Karena aku dari dulu selalu suka psikologi jadi apapun kegiatanku selalu aku cari celah emosi dan kesabarannya. Jadi sebelum fokus ke terima klien aku tuh kayak dibanting dari kenyamanan dan merasa kosong. Pas ketemu fotografi dan komunitas foto yang sabar dan tidak menghakimi secara tidak sadar aku mulai sering refleksi. Oh aku tuh pemarah karena kurang pede, oh aku tuh gak sabar karena gak ada ilmu. Gitu.
** Ada pertanyaan tertentu yang akan menguji kesamaan persepsiku dengan klien. Kalau itu terpenuhi barulah kita cari jalan tengah yang sama-sama menguntungkan dua belah pihak.
***Buka studio mini gratis. Siapa aja boleh datang. Belajar bareng. Aamiin...

1️⃣3️⃣ Nita: Ijabah insyaAllah mba. Btw mba bagaimana jika hanya menggunakan hp? Sementara kan sekarang banyak aplikasi yang bisa mendukung untuk mempercantik hasil jepretan kita?

Kalau saya pribadi akan belajar teknik dasar fotografinya mba. Mau pake hp atau kamera lensa akan lebih cepat dapat feel nya.




Alhamdulillah manggung berjalan lancar. Semua memberikan tanggapan yang hangat dan melecut semangat.

Semoga tips ala aku ini bermanfaat. Aamiin...


PHALUPI PHOTOGRAPHY

Fotografi & Pertumbuhan Diri



Salam Ikhlas Selalu

Phalupi Apik Herowati

No comments