Featured Slider

Menstimulasi Anak Suka Matematika, Hari 15 Permainan Menakar

Menstimulasi anak matematika ternyata nano-nano rasanya.

Geni mulai dengan tuang menuang satu botol sabun mandi cair ke dalam satu bak yang baru diisi. Hidung meler emak mendadak tambah panas dan kepala kliyengan. 

πŸ§•"Coba lihat nak, air sabun ini akan ibu pindah ke dalam mesin cuci agar tidak terbuang sia-sia. Kira-kira cukup gak ya?"
πŸ§’"Cukup lah. Kan mesin cucinya sama besar kaya baknya."
πŸ‘Ά"Gak tahu ibu."

Ibu memindahkan air dengan menggunakan ember kecil. Mamas Gian menghitung berapa kali tuang hingga mesin cuci penuh dengan air sabun itu. 

πŸ§’"Ternyata tujuh ember bu. Terus sisanya bagaimana? Oh mamas tahu, buat siram baju yang kena ompol dedek saja."

Mamas Gian mencoba menakar air yang ada di dalam bak kemudian masuk ke dalam tabung mesin cuci. Belum menggunakan liter tetapi menghitung dengan ember lalu membandingkan jika ternyata air dalam bak sama dengan tabung mesin cuci jika semua dimasukkan. Namun mamas menyarankan sisa air digunakan untuk merendam baju yang kena ompol karena bau yang menyeruak.

Tahap selanjutnya adalah Geni menuangkan semua sereal coklat ke lantai lalu dimasukkan ke mangkuk-mangkuk sama rata melalui pandangan mata emak. Dengan kepercayaan diri tinggi Geni membagikan mangkuk berisi sereal coklat itu ke mamas.

Inilah waktu yang tak akan pernah terulang. Ngomel panjang lebar saat anak melakukan eksplorasi-eksplorasi yang terlihat menjengkelkan tetapi bermakna.

Jujur dan sadar kemudian besok praktik lagi dengan pendekatan solusi yang berbeda meski kesalahannya sama



#Harike15
#Tantangan17hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#ThinkLogic

Menstimulasi Anak Suka Matematika, Hari 14 Masak Beras Menjadi Nasi


Tidak sempat memotret karena momennya terlalu cepat untuk diabadikan dan tenggorokan sakit sekali.

Baik Gian maupun Geni suka sekali beras. Selain berantakan adalah surga, duoG suka eksplorasi sensori mereka. Ibu sampai beliin beras paling murah sebagai bahan memenuhi rasa ingin tahu mereka.

Tempat beras juga akhirnya diletakkan di atas agar Geni tidak menjangkau. Namun mamas bisa. Begitu ibu bilang akan masak beras maka mamas langsung ngacir ke dapur lalu menarik pemisah beras sebanyak empat kali. Empat kali tarik sama dengan empat gelas ukur. Ibu yang bertugas mencuci kemudian mamas kebagian menekan tombol 'cook' di rice cooker. 

Dedek Geni memantau perubahan warna lampu yang jadi penanda beras sudah berubah jadi nasi. Seru waktu penanda waktu di ponsel ibu berbunyi.

πŸ‘Ά "Ayo makan. Dedek mau ikan satu bu. Nasinya gak mau."
πŸ§’ "Pake nasi dek biar cepet besar nih kaya aku. Dua centong aku bu."

#Harike14
#Tantangan17hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#ThinkLogic

Menstimulasi Anak Suka Matematika, Hari 13 Tanpa Sadar Emak Sudah Mengenalkan Matematika


Mamas sedang bermain ponsel lalu menanyakan foto mobil jus yang semalam ibu ambil. Tanpa sengaja di mobil jus ada pola warna keranjang dan pengelompokkan buah.

πŸ‘Ά "Itu dedek beli jus. Jus apel."
πŸ§’"Mamas jus jeruk yang paling banyak buahnya."
πŸ‘Ά "Dedek apel besar."
πŸ§’"Ayah belimbing terus bentuknya bintang."

Untuk pola warna ibu menjelaskan jika itu digunakan agar lebih menarik. Seperti mainan duoG yang warna-warni jika diatur sesuai dengan pola warna maka akan terlihat bagus juga rapi.

Hal-hal yang tanpa sadar ada di sekitar kita semua dan berhubungan dengan matematika. Tak perlu yang jauh dan mahal cukup menambahkan kejelian melihat keadaan sekitar.

#Harike12
#Tantangan17hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#ThinkLogic

Menstimulasi Anak Suka Matematika, Hari 12 Pergi Kemana Saja Ada Matematika

Pergi ke mini market hitung permen, terus ke beli ayam goreng mengenal bentuk bulat dari roda, dan membuat nasi goreng belajar tahu waktu.

Ya terkadang hal-hal sederhana tak terduga malah menjadi bahan pembelajaran yang mengena.


πŸ‘Ά "Ibu, sedotan aku tinggi."
πŸ§’ "Itu panjang dek bukan tinggi."
πŸ‘Ά"Susu dedek tinggi ibu, punya ibu pendek."

Okelah, belajar memang harus ada yang konkrit bagi anak-anak batita dan balita. Sedekat mungkin dengan yang mereka temui sehari-hari.

#Harike12
#Tantangan17hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#ThinkLogic

Menstimulus Anak Suka Matematika, Hari 11 Maafkan Ibu Ya Nak!

Hari ini ibu ikut workshop membuat apron dan alas tahan panas. 

Salah perhitungan. Ibu kira siang sudah bisa selesai ternyata baru tuntas jam lima sore.

Sampai di depan gerbang, membayar ojek online, disambut tangisan kencang Geni. Ternyata terjadi insiden sebelum magrib. Geni dan Gian tabrakan hingga menyebabkan Geni jatuh dan terluka.

Ibu meminta maaf karena pulang tidak sesuai jadwal. Alhamdulillah ayah gerak cepat memberikan minyak andalan kami. Luka cepat mengering. 

πŸ‘Ά "Ibu, dedek jatuh kena mamas. Nangis dedeknya."
πŸ§• "Ibu minta maaf ya pulang terlambat sekali."

Sudah minta maaf. Makan bersama dan sekarang mulai baikan. Sudah banyak bicara.

πŸ‘Ά"Ibu, ibu cantik. Ayah ganteng, dedek ganteng, Mamas ganteng."
πŸ§’ "Ibu tadi dedek kena batu jadi berdarah banyak."
πŸ‘Ά "Four, five, six, seven, eight, nine terus ten."
πŸ§’ "Ini aku juga punya luka. Keseret aja tapi. Udah mau sembuh. Kok lama ya bu ganti kulit barunya?"
πŸ§• "Ya terus makan sehat dan bergizi mas."


#Harike11
#Tantangan170hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#ThinkLogic

Menstimulasi Anak Suka Matematika, Hari 10 Mengenalkan Matematika Logis Ala Emak Sensi

Punya dua anak laki-laki berarti mengenalkan juga pekerjaan ibu saat di rumah yang ada hubungannya sama matematika. Kenapa? Ya biar nanti saat menikah tidak semena-mena sama istri. Anak aku bisa menghormati istrinya seperti dia menghargai ibunya. Awas ya kalau nanya harga berapa, tampol nih ama emak sensi *dih baper. Bodo amat!

lihat anak lahap makan membuat ibu bangga

Sosis murah, mudah, cepat. Namun jadi pilih-pilih kalau akhir bulan dan anak-anak mulai susah makan. Matematika logisnya untuk bertahan hingga gajian dan kecerdasam bahasanya untuk membangun kesadaran anak-anak. Ya hidup tak selalu tentang keinginan yang terwujud tetapi juga memahami  perubahan situasi.

andalan akhir bulan dan penahan nafsu makan

Sambal atau sensasi pedas adalah sisi tambahan dari perhitungan ala emak. Anak-anak harus tetap makan sehat sehari tiga kali ditambah dua kali cemilan tetapi ibu bisa makan berat satu kali saja. Ibu menambahkan sensasi pedas baik menggunakan sambal atau bubuk cabe.

#Harike10
#Tantangan17hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#ThinkLogic

Menstimulus Anak Suka Matematika, Hari 9 Jangan Biarkan Anak Bertanya dalam Diam


πŸ§’"Lihat kekacuan ini. Siapa yang akan membereskan semua ini? Oh aku dan dedek tentu saja."
πŸ§’"Aku kan cuma tanya-tanya bu."
πŸ§’"Ih aku tanya malah main hp aja."

Bertanya adalah tanda anak berkembang kognitifnya. Namun bagi ibu yang kurang dewasa macam aku, butuh banyak belajar dari anak malah. Semoga masa menunggu jawaban atau sebel saat ibu lebih fokus main hp tidak membuat mamas atau dedek baper kemudian malas bertanya.

Memang banyak sekali pertanyaan yang keluar hari ini tetapi ibu tidak fokus ke itu malah fokus melihat gerak tangan mamas Gian. Mamas membantu ibu memasukkan tahu ke dalam minyak yang mulai panas. Biasanya mamas menolak tetapi hari ini dengan fokus penuh mamas memasukkan tahu ke dalam wajan.

πŸ§’ " Ibu kenapa minyaknya ada gelembungnya kalau panas."
πŸ‘Ά "Awas meledak ya bu. Meledak nanti mas."
πŸ§• "Kira-kira mamas tahu gak kenapa?"
πŸ§’ "Biar naik panasnya terus aku bisa goreng."



πŸ‘Ά "Ayo mas goreng. Satu, dua, tiga."
Lha DulGeni ngitung sambil mundur tiga langkah. 
πŸ§• "Kenapa dek?"
πŸ‘Ά "Awas nanti meledak ibu. Mamas, ayo!"
Terus gak papa gitu dek kalau mamas kena ledakan minyak panas. Ah gak beres nih DulGeni.
Ya mamas juga tumben santai masukkin semua tahu sambil menghitung. 
πŸ§’"Udah semua bu. Ada sepuluh. Terus ibu itu bikin apa? Kok cabenya ada sepuluh juga. Bawang merahnya ada tiga aja."
πŸ§• "Sambal kecap mas."
πŸ§’ "Kenapa sih ibu suka pedes? Pedes kan bahaya ibu. Sakit lho nanti perutnya."
πŸ‘Ά "Dedek juga mau mas pedes. Mamas gak mau pedes. Gak mau?"
πŸ§’ "Gak ah nanti sakit perut."

Sebab akibat dan akibat yang mampu mamas jelaskan tetapi belum begitu dipahami oleh dedek. 

#Harike9
#Tantangan17hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#ThinkLogic