Menstimulasi Anak Suka Matematika, Hari 4 Isi Ulang dan Utang Motorik

Setelah memahami sampai mana tahap perkembangan anak-anak ternyata ibu tidak lantas menjadi santai dan penuh persiapan ketika membersamai duoG. Masih saja tarik urat leher jika mamas Gian mendadak malas-malasan main dengan buku aktivitasnya atau Geni menolak membereskan sisa permainan.

Jangan memaksa anak. Bermain memang kebutuhan anak terus saat anak terlihat kurang bersemangat lantas ibu memaksa. Tentu saja tidak diperbolehkan.  

Marahku mungkin karena kurang ilmu. Bersyukur punya suami dan anak-anak yang memberikan ibunya waktu untuk belajar lagi dan lagi. Jangan sampai ibu memiliki utang main atau kepengasuhan pada anak-anak. 

mengisi ulang tangki ilmu yang kosong
Belajar tentang tuntas motorik bareng bu Ani dan pak Eko sungguh membuka mata.

"Oh pantesan Gian kalau nulis angka 6 dan 9 sering terbalik. Geni juga ada huruf yang nyelip. Ternyata mereka butuh stimulasi lagi agar tuntas motoriknya."

Motorik kasar berhubungan dengan otot-otot besar di lengan, bahu, siku. Tidak ketinggalan perut, punggung, dan kaki. Koordinasi otot-otot besar inilah yang nantinya membantu konsentrasi dan fokus anak-anak. Sia-sia jika motorik halus distimulasi tetapi motorik kasarnya tidak tuntas.

Sampai rumah langsung eksekusi main bola. Ayah dan ibu menggarap motorik kasarnya duoG. Motorik kasar perlu distimulasi terlebih dahulu untuk kemudian memantapkan motorik halus anak. Ibu pikir motorik halus dan kasar distimulasi bersamaan. Isi ulang kan ilmunya.

Sambil bermain bola, Gian menghitung skor

Mamas Gian dan dedek Geni dengan semangat bermain bola bersama ayah.

🧒 "Empat sama ya Yah."
👦 "Oke."
👶 "Dedek juga lima tujuh delapan."

Setelah main bola lanjut dengan mengancingkan baju sendiri, makan sendiri, dan menghitung berapa suap nasi yang sudah masuk ke perut.

Kegiatan-kegiatan yang terlihat sepele tetapi jika orangtua tidak sabaran maka bisa mengganggu motorik kasar anak dan juga kemandiriannya di kemudian hari. Stimulasi matematika iya, motorik juga iya.

(290)

#Harike4
#Tantangan17hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#ThinkLogic

No comments