Menstimulasi Anak Suka Matematika, Hari 15 Permainan Menakar

Menstimulasi anak matematika ternyata nano-nano rasanya.

Geni mulai dengan tuang menuang satu botol sabun mandi cair ke dalam satu bak yang baru diisi. Hidung meler emak mendadak tambah panas dan kepala kliyengan. 

🧕"Coba lihat nak, air sabun ini akan ibu pindah ke dalam mesin cuci agar tidak terbuang sia-sia. Kira-kira cukup gak ya?"
🧒"Cukup lah. Kan mesin cucinya sama besar kaya baknya."
👶"Gak tahu ibu."

Ibu memindahkan air dengan menggunakan ember kecil. Mamas Gian menghitung berapa kali tuang hingga mesin cuci penuh dengan air sabun itu. 

🧒"Ternyata tujuh ember bu. Terus sisanya bagaimana? Oh mamas tahu, buat siram baju yang kena ompol dedek saja."

Mamas Gian mencoba menakar air yang ada di dalam bak kemudian masuk ke dalam tabung mesin cuci. Belum menggunakan liter tetapi menghitung dengan ember lalu membandingkan jika ternyata air dalam bak sama dengan tabung mesin cuci jika semua dimasukkan. Namun mamas menyarankan sisa air digunakan untuk merendam baju yang kena ompol karena bau yang menyeruak.

Tahap selanjutnya adalah Geni menuangkan semua sereal coklat ke lantai lalu dimasukkan ke mangkuk-mangkuk sama rata melalui pandangan mata emak. Dengan kepercayaan diri tinggi Geni membagikan mangkuk berisi sereal coklat itu ke mamas.

Inilah waktu yang tak akan pernah terulang. Ngomel panjang lebar saat anak melakukan eksplorasi-eksplorasi yang terlihat menjengkelkan tetapi bermakna.

Jujur dan sadar kemudian besok praktik lagi dengan pendekatan solusi yang berbeda meski kesalahannya sama



#Harike15
#Tantangan17hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#ThinkLogic

No comments