Memahami Gaya Belajar Anak, Hari 14 Tanggung Jawab Diri Bukan tentang Gender

Beberapa minggu lalu kami mampir ke restoran makanan cepat saji. Kami memilih restoran itu karena mamas Gian rindu tempat mainnya. Ada hal yang mengejutkanku yaitu #budayabeberes yang sepertinya jadi kampanye baru. Ya demi kenyamanan bersama tentu saja. Kami secara tidak langsung diminta membereskan sisa makanan, meletakkan nampan di meja yang sudah disediakan dan meninggalkan meja dalam keadaan siap pakai lagi. Saat itu kami membereskan tanpa meminta bantuan anak-anak.

Lalu hari ini, hal yang mengejutkan adalah ternyata mamas Gian memperhatikan apa yang kami lakukan. Setelah selesai makan siang, mamas Gian membereskan piring dan juga gelas minum lalu mencuci semua perlengkapan makannya. Bersih dan tertata rapi kembali ke rak. Mamas juga mencuci beberapa panci serta wadah buah potong.


Tanggung jawab diri ternyata tidak berkaitan dengan gender dan juga gaya belajar. Anak-anak wajib diberikan contoh baik dari orangtua langsung maupun orang dewasa sekitarnya. Anak memang tidak akan pernah salah meniru. Mau gaya belajarnya visual, auditory, atau kinestetik: CHILDREN SEE, CHILDREN DO.

#harike14
#tantangan10hari
#KuliahBundaSayang
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#institutibuprofesional 

No comments