Memahami Gaya Belajar Anak, Hari 13 Nilai Keluarga dan Harga Diri Anak

Nah pada waktu mengamati gaya belajar anak, ibu menemukan hal-hal kecil yang ternyata berkaitan dengan anak secara keseluruhan. 

Nilai keluarga dan harga diri anak. Nilai keluarga ternyata hal kecil dan paling dasar untuk akhirnya anak menemukan nilainya.

Setiap keluarga memiliki nilai yang mereka terapkan dalam rumah masing-masing. Berawal dari hanya suami istri lalu anak pertama kemudian anak kedua dan seterusnya. Nilai setiap keluarga berbeda tidak bisa disamakan apalagi dipaksakan. 

Nilai yang ingin kami tanamkan pada anak-anak adalah bagaimana bisa menerima diri kemudian baru bermanfaat bagi orang lain. Anak juga mampu mengelola emosi dan menerima tantangan dengan lapang dada. Anak menjadi pribadi yang takut Tuhan dalam artian yakin apapun dan dimanapun Tuhan mengawasi dan siap membantu. Saling menyayangi dan berbagi.

Memahami gaya belajar adalah bagian orangtua membantu anak menemukan diri untuk kemudian menjadi pribadi yang memiliki nilai, kompetensi, dan mencintai diri sendiri. 

***

Kegiatan:
Membiasakan Tidur Siang

Tujuan:
1. Anak mulai memiliki jadwal tetap untuk istirahat
2. Ibu mengenalkan sebab akibat
3. Anak tahu kapan harus main
4. Melatih kebiasaan
5. Ibu ikut memiliki prioritas harian
6. Anak mulai mengelola emosi

Deskripsi:
Pukul 11.00-12.00 WIB Gian memiliki waktu untuk menonton youtube dengan alarm standby
Ketika alarm berbunyi, mamas menyerahkan ponsel kepada ibu dan mulai menyantap makanan yang disiapkan sebagai makan siang. Setelah selesai duduk sebentar menikmati kartun kesukaan barulah sekiranya ibu selesai menyiapkan Geni, mamas minum kemudian pipis. Bersiap tidur siang.

Review:
Ibu amati ketika mamas memiliki waktu untuk tidur siang maka dia jauh lebih siap waktu ada tantangan yang datang. Pembicaraan berat seperti: kenapa tidak boleh teriak, tidak pukul, sayang dedek; bisa lebih mudah dipahami dan diaplikasikan. 

Mamas cenderung bisa mengelola emosinya. Mamas mampu bercerita dengan baik ketika adik berlaku kasar dan berteriak. Mamas tidak langsung balas berteriak atau tantrum saat adik memaksa meminta mainan yang sedang dimainkan mamas.

Istirahat bagi mamas adalah jeda bagi ibu sehingga saat berinteraksi lagi sama-sama dalam keadaan yang tenang dan siap.


ibu secara tulus meminta maaf karena sering terburu-buru merespon.
Ibu bereaksi berlebihan ketika mamas Gian tanpa sengaja membenturkan bis mainannya ke bibir adeknya sampai berdarah. Mamas menangis karena dia merasa bersalah tetapi dia juga tidak sengaja.
👦"Makanya ibu jangan marah-marah terus dong. Aku kan juga jadi jahat."
👩"Ibu minta maaf ya nak."
👦"Ibu kalau udah minta maaf, jangan diulangi dong."
👩"Insya Allah ya nak. Mamas bantu ibu juga ya. Kalau ibu marah mamas Gian ingatin."
👦"Iya aku ingetin ibu. Aku kan sayang ibu."
👩"Terima kasih. Boleh minta peluk?"
Semua berakhir dengan pelukan.

Menangis ini memang tantangan di keluarga kami. Ibu akan marah ketika mamas menangis padahal sudah diingatkan untuk ngomong aja apa yang diinginkan tanpa perlu menangis. Kemudian beberapa menit kemudian sebuah artikel menjelaskan bahwa tangisan adalah cara anak meluapkan emosi untuk kemudian menemukan solusi. Datang di saat yang tepat. Saat ibu mengambil jeda untuk sadar utuh dan penuh dalam membersamai anak-anak.


Tunggu ya Ibu! Aku pasti siap menyayangi diriku dan dedek.

Memenuhi kebutuhan anak secara penuh membuat ibu lebih menikmati waktu mengamati gaya belajar anak. Ibu membiarkan anak mengeksplor apa saja dan mengingatkan dengan cara yang baik juga lembut. Nilai keluarga mulai ditanamkan dan harga diri anak mulai dibentuk.

Mamas Gian hari ini membelikan adiknya jasuke lalu membantu melepaskan celana saat adiknya kesusahan karena buru-buru mau pipis, dan membantu ibu memandikan adiknya. 

Kesimpulan sementara:
1. Mamas Gian sudah tahu waktu, main hp ya main hp terus saatnya tidur ya tidur
2. Suka menjelaskan dengan wara-wiri mengeringkan badan
3. Fokus mandi baru bantu adiknya mandi
4. Bercerita apa yang sedang dilakukan saat ayah pulang kerja
5. Mulai berkurang screen time dan main di luar lebih sering

(593)

#harike13
#tantangan10hari
#KuliahBundaSayang
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#institutibuprofesional 

No comments