Memahami Gaya Belajar Anak, Hari 12 Pahami Anakmu Bukan Anak Tetanggamu

Prioritas berubah. AKU MULAI MENERIMA RASA MARAH. Pelan tapi pasti aku sadar dimana aku berada. Tidak perlu nyinyir dengan anak orang karena aku tidak tahu, pertempuran macam apa yang sedang mereka hadapi.

Belum bisa menghargai diri sendiri membuat ibu berkompetisi dalam membesarkan anak

Bagaimana ibu bisa mendidik anak dengan rasa aman sementara dulu dia dididik juga menggunakan perbandingan dengan anak orang? Tentu akan jadi kompetisi tidak sehat yang tak berkesudahan jika ibu tidak segera sadar dan mulai fokus ke diri sendiri, KE ANAK SENDIRI bukan anak tetangga.

Prioritas tentu tentang proses. Tentang menikmati peran sebagai ibu. Tidak melulu ego, cemburu, dan marah. Tuhan kasih amanah suami dan anak-anak juga tidak asal. KESUKSESAN IBU adalah ketika dia IKHLAS ANAKnya MANDIRI. Banggakah ibu ketika anaknya mandiri tetapi masih cengeng sesekali? Ikhlaskah ibu ketika anaknya belum bisa mengkancing baju sendiri? Tetapkah ibu mencintai anaknya saat sudah mulai protes dan mendebat?

Pada saat anak mulai bertumbuh, jika prioritas ibu memang anaknya maka ibu akan fokus dengan kelebihan dan kekurangan anaknya. Bukan melihat kelebihan anak orang dan selalu fokus ke kekurangan anak sendiri. 
Mendidik Seadanya Berharap Hasilnya Luar Biasa, Sadarkah Aku?

Mendidik dengan hati di zaman ini merupakan tantangan sendiri. Tempat mengekspos apa yang dimiliki begitu banyak. Godaan-godaan untuk memberi tahu ke dunia luar betapa hebat dan tanpa celanya anak kita begitu tinggi. Namun begitu prioritas ditetapkan maka ada banyak jalan yang terbuka agar kita tetap fokus pada anak kita bukan anak orang lain. 

👰"Anakku udah bisa baca lho padahal umurnya baru 3 tahun."
👱"Anakku udah bisa baca dan renang tuh."
👰"Oh kalau anakku bisa baca, renang, dan ngomong tiga bahasa asing."
👩"Aku masih bingung gimana cara lepas popok sekali pake nih. Ada ide gak?"
👰👱👯 "😏😏😏."

***





#harike12
#tantangan10hari
#KuliahBundaSayang
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#institutibuprofesional 

No comments