Melatih Kemandirian Anak, Hari 13 Jangan Abaikan Emosiku


Pagi-pagi panik karena dedek Geni panas. Bagaimana tidak panik, Geni kalau sudah panas agak susah untuk turun.
👶"Ibu, aku mau susu coklat."
👩"Ayo kita bikin!"
👶"Gak mau, maunya beli. Pergi. Naik motor."
👩"Oke, bangun dulu adek."
👦"Mamas tunggu di rumah aja ya bu. Masih mau nonton kartun."
Alhamdulillah masih ada selera makan atau minum berarti baru gejala pilek. Langsung siap-siap sekalian belanja sayur biar gak merambat jadi radang tenggorokan.

Merasa bersalah saat melihat dedek Geni minum susu dengan tangan dan bibir bergetar seperti saat dia dalam keadaan sangat lapar. Langsung habis 2 botol ukuran 250ml.
👦"Kan dedek kemarin makan sedikit bu."
👶"Bu dedek laper, mau makan."
👩"Iya ibu masak dulu ya."
👦"Mamas bantu ya bu."
👩"Ya potong sosis. Jangan terlalu kecil nanti cepat gosong."
👦"Waktu aku main game di hp ayah gak papa dipotong dua begini bu."
👩"Iya nanti gosong mamas yang makan mau?"
👦"Gak mau."

Rekor masak tercepat, hanya 15 menit. Rebus jagung manis, sayur bayam+wortel+oyong, dan goreng sosis.

Sambil sarapan sambil nonton kartun. Awalnya dedek Geni hanya mau makan sosisnya saja. Habis satu mangkok kecil, makan sendiri, dengan bahagia. Begitu minta lagi ibu kasih sosis sedikit dan banyak sayur, ngamuk gak mau makan. Aku biarin. Begitu melihat mamasnya makan nasi plus sayur plus sosis, barulah dia mendekat dan minta disuapin.

👩"Dedek kenapa tadi nangis?"
👶"Mau sosis aja."
👦"Sayur kan sehat. Nih aku juga makan sayur biar kuat."
👶"Ibu aku juga mau sayur."
👩"Iya. Gak papa dedek nangis tapi ibu diemin dulu. Kalau udah bisa diajak ngobrol lagi baru ibu mau ngomong sama dedek."

Sore hari setelah selesai main, mamas Gian lapar dan minta dimasakkin nasi goreng.
👦"Nasi goreng ibu kan enak ada bawangnya. Aku yang bantuin kocok telur ya bu."
Aku belum menjawab karena sibuk menyiapkan bahan-bahan. Ketika mengambil nasi, mamas Gian berusaha membuka cangkang telur sendiri dan tumpah kemana-mana.
👩"Kamu ngapain sih mas? Kenapa gak nunggu ibu dulu. Ayo beresin yang tumpah."
👦"Itu lengket ibu."
👩"Ya makanya harus dibersihin biar gak tambah banyak lengketnya."

Pertama mamas mengambil lap kemudian tisu basah untuk membereskan sisa telur. Kuning telur dan sedikit yang tersisa di mangkuk, mamas kocok dan tambah garam sedikit.

👩"Maaf ya mas tadi ibu teriak sama mamas."
👦"Iya aku maafin bu. Kan aku juga tadi gak tunggu ibu makanya tumpah. Maafin aku juga ya bu."

Dalam kemandirian terdapat emosi-emosi yang perlu diolah sehingga anak-anak paham akan dirinya dan porsinya. Setelah paham maka aku berharap duoG jauh lebih mudah untuk konsisten dengan mempraktikkan skill yang sudah dimiliki. Tidak lagi maju mundur karena pengaruh emosi.

#harike13
#tantangan17hari
#gamelevel2
#kuliahbundasayang
#melatihkemandirian
#institutibuprofesional

No comments