Komunikasi Produktif, Hari 15 Ketika Ibu dan Anak Tumbang

Musim peralihan dari kemarau ke hujan membuat cuaca tak menentu. Panas terik di siang hari kemudian dingin menggigil di malam hari. 
Akhirnya ibu dan anak tumbang. Ibu sakit kepala, mamas panas dan batuk kering, dedek juga demam.

Malam sempat agak panik karena mamas suhu badannya naik begitu pula dedek. Begadangan deh.

Paginya dengan mata sakit juga kepala cenut-cenut, tetap sounding kalau ibu harus kerja untuk melihat tempat yang akan dipake untuk workshop fotografi.

👨"Emang masih mau pergi? Anak-anak masih panas gitu?"
👩"Ya lihat nanti aja."

Aku memilih untuk tidak melakukan kontak mata dengan suami takutnya malah akunya jadi nyolot. Ya soalnya udah janjian. Kan gak enak kalau batalin walaupun sebenarnya gak masalah juga. Siapa juga yang siap sakit. Pasti tak terduga.
🚗🚗🚗
Selesai sarapan, anak-anak minum obat dan mulai main di kasur. Batuk mulai tak terkendali dan mamas Gian tahu oxy dan imbos adalah obat paling bisa diandalkan.
👦"Ibu, kita beli oxy sama imbos biar aku gak batuk-batuk terus."
👩"Oke setelah itu istirahat ya jadi pas ikut ibu kerja gak ngantuk."
👦"Iya ibu."

Negosiasi ala mamas Gian
Berhasil, setelah mengungkapkan kebutuhan ibu yang juga berhasil menjaga emosi saat sounding, meskipun kepala nyut-nyutan.
👩"Mamas di tempat kerja ibu nanti gak boleh main. Main kalau kita pergi sama ayah ."
👦"Iya ibu. Aku tidur dulu biar sembuh. Biar bisa ikut ibu kerja."

Nah tantangan komunikasi produktif saat ibu dan anak sakit adalah bagaimana tetap memberikan perhatian proporsional padahal anak ingin perhatian lebih. Apalagi kalau Geni (2tahun6bulan) sakit yang artinya lebih menuntut perhatian.

Alhamdulillah sudah selesai meeting, mamas sudah dipesenin makanan dan es krim, giliran dedek Geni yang nangis kejer waktu ditinggal bayar pesanan. Padahal gak ada seratus meter jaraknya.
👶"Mau sama ibu." 😢😢
👩"Oke berhenti nangis kalau gitu."
Tegas sesuai yang aku mau. Begitu Geni diam, aku gendong terus bayar ke kasir.
Berat tetapi jauh lebih pusing dengar Geni nangis.

Komunikasi produktif itu bukan hal yang ribet selama niat terus diluruskan. Meskipun tumbang. Gagal coba lagi, coba lagi gagal. 😂 Selama ada kemauan disitu ada jalan *quotesidu 😅

#hari15
#gamelevel1
#tantangan17hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

4 comments

  1. Wah, kalau sakitnya sudah bebarengan seperti itu agak repot ya mbak.

    ReplyDelete
  2. Aduh, ibu yang baik banget deh kalau ini mah. Sukses selalu ya mbak. :)

    ReplyDelete
  3. Sukses selalu ya mbak dengan KomPronya. :)

    ReplyDelete
  4. Sangat menginspirasi sekali mbak pengalamannya. Semoga menginspirasi uga untuk ibu-ibu lainnya ya mbak. :)

    ReplyDelete