Rangkuman Perjalanan Matrikulasi batch 5 IIP Bekasi

Saat Emak Kuliah

Tantangan untuk bersikap dan berperilaku seperti gelas kosong yang siap diisi. Banyak gunung-gunung ego yang menjulang. 

Saat Emak Kuliah

Kebutuhan mendesak akan kewarasan, ilmu, juga berjalan beriringan dengan perubahan; membuat diri mulai berkaca lalu menerima.

Saat Emak Kuliah

Kalau tidak sekarang, kapan lagi? Masa-masa emas perkembangan anak akan segera berlalu. Ketahanan tubuh akan berkurang kemudian menjadi renta. Lantas bagaimana pertanggungjawaban emak sebagai madrasah bagi anak-anaknya?

Saat Emak Kuliah

Akhirnya tiba juga waktu yang tepat. Emak sudah menyadari perannya bukan sebagai ibu rumah tangga pengangguran melainkan sama dengan ibu yang bekerja di ranah publik.

Saat Emak Kuliah

Berusaha sebaik mungkin untuk mengikuti dan berkontribusi secara maksimal.

Saat Emak Kuliah

Setiap pencapaian yang didapat selalu mendapatkan apresiasi dan itu membuat hati menjadi nyaman dan senang.











Saat Emak Kuliah

Visi, misi dan juga mimpi mulai tertulis. Pelan tetapi pasti rencana-rencana mulai diwujudkan. Karena bila tidak berubah, emak tahu pasti akan menelan kekalahan.




***
Kelas-kelas online emak kenal sejak tahun 2013. Kelas-kelas yang awalnya diselenggarakan di grup rahasia facebook lalu berpindah ke Whatsapp dan Telegram.

Ilmu dengan mudah didapatkan atau diakses tetapi masih saja kemalasan menjadi penghambat utama. Belum lagi rasa paling pintar yang menjadikan ilmu sulit terserap.

Ketika emak akhirnya memutuskan kuliah di Institut Ibu Profesional, semua rasa jumawa dan juga sok pintar perlahan terkikis juga. Berganti dengan berusaha ikhlas juga tidak berburuk sangka.

Kuliah online memang paling masuk akal untuk emak yang masih memiliki 1 balita dan 1 batita. Tidak mungkin meninggalkan tanggung jawab mengurus anak, emak tetap butuh masukkan ilmu agar terus bertumbuh demi kesejahteraan bersama. 

Tugas-tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik meski bergelut dengan semua rasa yang ada. Menyerap energi positif dari peserta lain juga sebaliknya, emak memberikan energi percaya diri agar sama-sama saling belajar.

Hingga akhirnya lulus, hal yang paling dirindukan adalah suasana belajar yang hangat dan saling membantu.

No comments