Sabtu, 05 Agustus 2017

Bolen Oh Bolen, Rasamu Bikin Meleleh!

Dialah tersangka yang kalap dengan paketan bolen
Mungkin resep yang akan ada di bagian bawah postingan ini sama dengan resep bolen pada umumnya tetapi perlu diketahui rasa yang tercipta sungguh bisa membuat lidah tidak berhenti mengecap. Gurih, pahit coklat, kresnya keju, kulit bolen yang lembut hingga remahannya pun sulit untuk dilewatkan.

Teman saya Endah Mulya, akun IG @rumah_syaima, berdomisili di Yogja dengan harap-harap cemas mengirimkan bolen-bolen itu ke Bekasi. Jumat dikirim, Sabtu sampai. Kami  sama-sama berdoa agar bolen-bolen itu sampai dengan selamat meskipun tidak berekspektasi terlalu tinggi. Berharap abang kurir tidak blingsatan dan mengguncang bolen-bolen dengan kasar.

"Ibu itu paketan apa? Mainan mamas?"
Mamas GianGaraGembul begitu semangat ketika abang kurir yang gak sabaran itu mengucap salam dan membenturkan gembok minta pintu dibuka. 

"Enak lho pik. Kejunya pas, coklatnya juga gak kalah enaknya."
"Ya entar kalo kamu ke jogja sekalian minta buatin pizza."
Celotehan-celotehan itu membuatku semakin penasaran. Belum lagi setiap selingan postingan di grup, si bolen pasti muncul menggoda dan menerbitkan air liur.

Ah paketan yang aku tunggu sudah sampai. Aku memang sedikit meneror Endah untuk mengirimkan bolen ke Bekasi. Di grup SMA bolen ini begitu populer karena konon rasanya menyaingi yang dari Bandung itu. Halagh, kalau udah rezeki mah gak kemana lah.
Bungkusannya begitu rapi dan rapat. Setelah kertas, ada buble wrap dan di dalam kotak juga ditambah buble wrap lagi untuk meninimalisir goncangan. Ya walau peot gak amat lah. 


Taraaa bisa dilihat sebelum dan sesudah pengiriman. Memang agak peot-peot tetapi rasa memang tidak akan bohong. Begitu digigit, bolen ini tidak melawan. Pasrah aja gitu. Geni langsung aja mengikuti emaknya ngemil. Di akhir baru ingat nyisain ayah dua potong, 1 keju 1 coklat tapi ayah cuma makan satu yang keju. Mamas juga cuma makan satu yang coklat. Sisanya Emak sama Geni balapan. Wakaka...


Teruntuk Endah
Makasih yak sudah mau susah payah mengirimkan bolen ini. Membungkus dengan buble wrap supaya bisa selamat sampai planet Bekasi. Maaf sudah meneror layaknya emak yang kalau nyidamnya gak diturutin anaknya bakalan  ngeces melulu. Semoga bisnis bolen dan pizza terus macaroni schotelnya lancar dan berkah. Jangan kapok kalau aku repeat order. 
Makasih Geni bisa nambahin bolen ini ke daftar makanan yang dia sukai *kamu apa yang gak suka Gen? 😅😍😘





Resep Bolen by Endah Mulya
Bahan A :
100 gr terigu protein tinggi
1 sdm minyak goreng
75 gr margarin (saya pake butter)
.
Bahan B :
.
200 gr terigu protein tinggi
30 gr gula tepung
80 ml air
75 gr margarin
.
Bahan olesan :
.
1 kuning telur
2 sdm susu cair
Coklat butiran / meisses
.
Cara Membuat :
.
1. Aduk rata bahan A, bentuk bulat, diamkan 10 menit (masukkan kulkas).
2. Aduk bahan B sampai setengah elastis. Diamkan 15 menit.
3. Bagi adonan A menjadi 16 bagian, bulatkan.
4. Bagi adonan B menjadi 16 bagian, bulatkan.
5. Giling adonan B memanjang, letakkan adonan A di atas adonan B, lipat seperti amplop. Giling tipis adonan memanjang. Gulung, lalu tipiskan lagi.
Ulangi sebanyak 2x. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan 15 menit
6. Giling adonan bolen melebar. Letakkan pisang di tengah, beri coklat, kemudian lipat, rapihkan.
7. Tata di loyang yang dioles margarin. Oles bolen dgn bahan olesan & beri toping meisess.
8. Oven 25 menit dgn api sedang.

1 komentar:

  1. Bolen oooh bolen.,kamu sungguh terkenal di grup.,bikin Ngiler nih

    BalasHapus

Design By Wulan Kenanga | Blogger Theme By Black Coffee Design