Minggu, 05 Juni 2016

[Maraton Review Novel Indah Hanaco] Perfect Purple, Keras Kepalalah Jika Itu Jadi Harga Impianmu!

Ungu, yang mampu mewujudkan impianmu!
Perfect Purple

Penulis    :  Indah Hanaco

Penerbit   :  Pastel Books

Tahun      :   2016

Halaman  :  196


Mitos atau fakta jika warna ungu itu warna janda? Menurutku itu mitos. Entah mengapa orang-orang dekatku yang memiliki warna favorit ungu adalah orang-orang keras kepala yang akhirnya bisa mewujudkan impiannya. Meski jatuh bangun toh impian itu terwujud juga.

Milly Kalindra bertemu dengan Neal O'Mara di Pematangsiantar. Kampanye Sea Not For Sale atau SNFS, organisasi yang didirikan ayah dan ibu Neal untuk menyelamatkan paus dari perburuan. Berlayar dengan Sinead Purple, melepaskan diri dari kediktatoran mamanya. Menjadi relawan untuk ikut berkampanye.

Aku ingat dulu aku ingin sekali jadi psikolog. Namun ibuku bilang itu bukanlah pekerjaan yang populer. Aku harus tinggal jauh dari orangtuaku. Sekarang jadi lulusan pendidikan bahasa Inggris dan akhirnya menjadi ibu rumah tangga sungguh aku ingin sekali meminjam mesin waktu doraemon.

"Kami tidak akan berhenti berjuang hingga segala bentuk perburuan paus komersial dihentikan," kata Neal saat itu. (halaman 59)

Novel ini layak dibaca untuk tahu apa yang benar-benar kamu inginkan dalam hidup. Belajar dari pengalaman pahit orang lain tanpa merasakan sakitnya tentu jauh lebih mudah. Namun aku tahu kalau jiwa muda itu bukanlah jiwa pengecut macam wanita paruh baya yang selalu mengingat kematian. Jiwa muda adalah yang dengan mudahnya mengambil keputusan lalu memikirkan resikonya belakangan.

Milly Kalindra akhirnya membantu di dapur, sedikit demi sedikit tahu apa yang sedang Neal O'Mara perjuangkan. Paus memang bukan sekedar hewan. Mereka layak diselamatkan dari kebrutalan manusia yang haus akan materi.

"Aku bersyukur karena mempunyai kesempatan bergabung di sini. Everything runs well as expected." (halaman 97)

Kosakata
1. Harpun: penangkap paus berupa meriam dengan peluru baja dan diberi tali. Bentuk ujung pelurunya menyerupai anak panah. (halaman 37)

2. Kepulauan Faroe: kepulauan yang terletak di antara Skotlandia dan Islandia, berstatus sebagai wilayah otonomi kerajaan Denmark. (halaman 49)

3. The Grind: perburuan paus pilot yang dilakukan penduduk Kepulauan Faroe dengan cara menggiring ratusan paus menuju pantai. Para penduduk menunggu di sana dengan senjata untuk membunuh paus. (halaman 50)

4. chief cook: orang yang bertanggung jawab untuk semua urusan yang berkaitan makanan di kapal. (halaman 54)

5. Pembantu chief cook yang juga bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan. (halaman 54)

6. frostbit: radang dingin yang menyebabkan jaringan sel di dalam tubuh mengalami kerusakan karena terjadi pembekuan. Pada kasus yang parah bisa menyebabkan amputasi. (halaman 59)

7. vegemite: selai khas Australia yang terbuat dari ekstrak ragi. (halaman 62)

8. Kapal harpun: kapal pemburu paus dengan harpun di bagian haluan. (halaman 75)

9. Kapal pabrik: kapal yang akan memproses daging paus yang sudah ditangkap oleh kapal harpun atau kapal pemburu. (halaman 78)

10. asam butirat : senyawa yang membuat bau tak sedap dan sulit dihilangkan. (halaman 81)

11. bom metil selulosa : bom cat yang akan membuat dek menjadi licin. (halaman 81)

12. Perahu ski: perahu yang dirancang khusus untuk menarik peselancar di atas air. Lambung kapal yang lebar dan datar membuat perahu ini bisa melaju dengan kecepatan tinggi. (halaman 82)

13. Tali tampar: tali khusus yang digunakan oleh kapal. Merupakan penggabungan dari beberapa tali yang dipilin bersama hingga menjadi satu. (halaman 89)

14. Parka: jaket bertudung selutut yang terbuat dari bulu atau bahan sintesis yang memberi efek hangat. (halaman 95)

15. LRAD : Long Range Acoustic Device, perangkat akustik jarak jauh dengan audio terfokus untuk mengirimkan pesan atau peringatan. Bisa memberi efek sakit kepala dan tubuh lemas kepada sasaran. (halaman 100)

16. bromidrosiphobia : fobia akan bau badan sendiri. (halaman 148)

17. ALS: amyotrophic Lateral Sclerosis. (halaman 150)

18. Aldente: tingkat kematangan sempurna untuk pasta, yang memiliki tekstur kenyal, tetapi tidak lembek. (halaman 160)

19. second engineer : orang yang bertanggung jawab untuk semua mesin bantu. Disebut juga masinis 2. (halaman 164)

20. krill: hewan kecil yang mirip udang yang berukuran antara 8 hingga 60 milimeter. (halaman 169)

21. penguin kaisar: penguin terbesar di dunia dengan berat hingga 30 kilogram dan panjang 110 sentimeter. (halaman 177)

22. fjord: laut sempit di antara tebing tinggi yang terbentuk dari hasil gerusan gletser pada zaman es. (halaman 188)

Penulis kesayanganku memang ajaib. Selalu saja bisa merangkai kata-kata dengan kosakata-kosakata unik yang tidak berakhir seperti tempelan. Semua tersaji begitu padat, penuh ilmu, dan selalu menginspirasi. Masa sih? Kalau tidak percaya bisa baca novelnya sendiri ya. Selamat membaca!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Design By Wulan Kenanga | Blogger Theme By Black Coffee Design