Kamis, 12 Mei 2016

Anda Baru Pindah ke Jakarta? Ini 3 Cara Hemat Cepat Hapal Jalan!

Pindah ke Jakarta? Oh tidak! Kota dengan tingkat kemacetan super parah ditambah angka kriminalitas yang mencemaskan pastilah bukan perkara mudah untuk memutuskan pindah ke ibukota negara Indonesia tercinta kita. Namun saat tuntutan keadaan sudah memaksa ya suka tidak suka harus ikutan pindah juga.


Awalnya tidak terbayangkan pindah dan tinggal di Jakarta. Pekerjaan suami yang akhirnya membuatku terdampar di Jakarta.

2013 saat Baby Gara berumur 4 bulan, kami pada akhirnya berkumpul jadi satu sebagai keluarga utuh. Tidak satunya disana, satunya lagi di sini. Jakarta Utara dekat dengan Jakarta Timur dan tidak jauh dari Bekasi. Lokasi yang membuatku bersyukur. Akses transportasi mudah dan terjangkau.

2014 saat Baby Gara sudah bisa berjalan dan bermain bersama ayahnya, aku baru memberanikan diri pergi-pergi sendiri.

Satu tahun di Jakarta tetapi rasanya seperti baru pindah. Kok bisa begitu? Karena baru setelah Baby Gara bisa ditinggal, aku bisa menikmati pergi dan eksplor Jakarta.

Dan buat kamu yang ingin eksplor dan cepat hapal tetapi gak punya dana untuk selalu naik taksi, bisa coba tiga cara ini.

1. Trans Jakarta

Trans Jakarta adalah bus rapid transit dengan tarif sangat murah.

bisa keliling Jakarta hanya dengan Rp. 3.500;
Untuk yang bingung semua bisa dicari di www.transjakarta.co.id. Semua lengkap seperti rute dan koridor yang bisa kita pilih.

Kalau aku kan gak bisa baca peta jadi ya minta tolong suami. 

"Kalau mau ke mampang prapatan harus naik apa aja ya Yah?"

"Naik angkot 28 sampe pulogadung. Naik transj yang ke dukuh atas. Dukuh atas terus transit pindah yang ke arah ragunan. Turun deh di halte mampang prapatan. Jangan lupa bawa kartunya ya."

Yups, naik trans Jakarta 100% e-tiket.

Kalau lupa kartu ya harus beli lagi, sudah tidak ada tiket sobek soalnya.
Untuk yang punya waktu luang banyak bisa keliling Jakarta naik Trans Jakarta. Lalu pelan-pelan dihapalin rute dan koridornya.

2. Bentor

Tarif anak Rp. 3.000;
Tarif dewasa Rp. 5.000;

Di setiap daerah sekarang sudah ada bentor, becak motor yang bisa memuat 6 orang dewasa atau 12 anak-anak.

Bentor biasanya keliling desa. Bisa hapal isi desa setelah 2 atau 3 kali naik bentor. Anak-anak suka karena ada musik yang diputar.

Bisa nemenin anak sambil hapalin jalan ya Mak ^_^
Bentor juga bisa disewa untuk jarak jauh. Misalnya dari Rorotan ke Harapan Indah atau bisa juga dari Rorotan ke Monas. Bisa minta diantar kemanapun asal harga cocok.

3. Angkot

Dari Rorotan 3 Cakung Cilincing Jakarta Utara, ada angkot 28 dan 2. Sekali naik dari Rp. 2.000; sampai Rp. 6.000;

Baby Gara sudah akrab dengan si angkot dari kecil
Alat transportasi di atas bisa dicoba buat yang takut naik motor atau tidak selalu punya uang untuk bayar taksi. Pergi-pergi naik bus Trans Jakarta seandainya bingung bisa tanya petugas yang sekarang ramah-ramah menjawab. Mau keliling naik bentor juga bisa minta berhenti di pasar untuk mampir belanja. Terus angkot gimana Mak? Bisa buat tempat foto favorit. Hahaha... 

Angkot ceria buat selfie emak sama Baby Gara
Selamat jalan-jalan ya, kalau aku harus nunggu Baby Geni agak gedean dulu. Baru bisa ajak dia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Design By Wulan Kenanga | Blogger Theme By Black Coffee Design