Sabtu, 20 Februari 2016

5 IDE BERBAGI KASIH ALA EMAK SENSI

Ketika aku membaca artikel mba Dewi tentang groundbreaking Sekolah Alam Tunas Mulia yang terletak di TPA Bantar Gebang Bekasi, terbanyang anak-anak yang penuh semangat. Mereka dengan kondisi tempat pembuangan akhir yang membuat orang menutup hidung atau mempercepat langkah ketika lewat tetapi tetap membantu orang tua untuk memilah sampah. Mereka akhirnya bisa menikmati pendidikan. Pendidikan yang ternyata masih berharga sangat mahal bagi rakyat Indonesia.

Semangat anak-anak untuk mendapatkan pendidikan tentu butuh dukungan. Bukan hanya dari orangtua tetapi juga lingkungan. Lalu kamu bagaimana? Oh ya, tentu saja tidak bijak ketika aku hanya mengkritik orang lain lalu aku tidak berbuat apa-apa. Padahal aku sudah tahu ada anak-anak yang butuh uluran tangan. Anak-anak yang harus dipelihara semangat belajar dan bermainnya.

Terus kamu punya ide? Saran? 


Sebentar, aku adalah seorang ibu rumah tangga. Aku akan memberikan saran atau ide yang sesuai dengan yang ada di sekitarku. Semoga saja nantinya ini tidak hanya menjadi saran atau ide tetapi bisa aku aplikasikan untuk anak-anak di Sekolah Alam Tunas Mulia TPA Bantar Gebang.

1. Berbagi Buku Bacaan
Ide untuk berbagi buku bacaan muncul untuk memberikan wawasan pada anak-anak. Dari buku kita bisa belajar banyak tanpa harus pergi jauh. Banyak hal yang bisa mereka ketahui. 

Buku bacaan yang menarik juga bisa dimanfaatkan agar anak bisa mengasah imajinasi mereka. Memberikan pengalaman-pengalaman sehingga anak-anak bisa berpikiran keluar dari kotaknya.

Menularkan virus suka membaca adalah salah satu impianku. Semoga dengan berbagi buku bacaan berlanjut menjadi rajin membaca. Membaca apa saja. Berawal dari bacaan yang menyenangkan hingga bacaan buku-buku tebal yang bisa dijadikan tambahan ilmu, wawasan, dan pengetahuan.



buku-buku bacaan anak


2. Berbagi Panduan Mengolah Sampah Menjadi Barang Bernilai
Tinggal di tempat pembuangan akhir tentu bukan pilihan. Semua orang pasti akan memilih tinggal di perumahan dengan fasilitas dan lingkungan yang sehat. Namun jika nasi sudah menjadi bubur sebaiknya kita bisa menjadikan bubur itu spesial dengan menambah cakue, suwiran ayam dan taburan kacang kedelai sehingga bisa dinikmati hingga suapan terakhir.

Maka aku memiliki ide untuk memberikan mereka mengolah sampah menjadi barang-barang yang lebih bernilai. Misalnya piring kertas bekas dan sedotan dijadikan gurita-gurita untuk hiasan dinding, kertas karton dibuat dadu-dadu untuk belajar matematika tentang kemungkinan, atau botol-botol bekas minuman soda disulap menjadi tempat permen yang bernilai ekonomis.


buku panduan mengolah sampah

3. Berbagi Mainan 
Saat anakku bertambah umur ada mainan yang tidak lagi dia mainkan. Aku sedang mengajarkan padanya untuk berbagi. Mainan-mainan masih bagus dan bisa digunakan bisa diberikan kepada orang lain supaya lebih bermanfaat. Mainan itu bisa digunakan anak-anak untuk bermain drama baik drama mikro maupun makro. Bermain sekaligus belajar yang menyenangkan.

mainan Gara yang belum dipilah

4. Berbagi Ilmu Bahasa Inggris
Sebelum menjadi ibu rumahtangga penuh, aku pernah menjadi guru bahasa Inggris di satu sekolah nasional plus. Guru untuk anak usia dini. Ya sedikit banyak selama tiga tahun, aku memiliki pengalaman berbagi ilmu bahasa Inggris ke anak-anak. Maka dari itu aku ingin berbagi ilmu itu juga kepada anak-anak di Sekolah Alam Tunas Mulia.

5. Berbagi Ilmu Menulis
Anak-anak memiliki imajinasi unik. Mereka terkadang melontarkan gagasan-gagasan yang tidak terpikirkan oleh kita orang dewasa. Polos, original, dan spontan. Ketika mereka sudah terkena virus suka membaca maka akan lebih bernilai saat dituangkan dan ada bukti.
Aku ingin berbagi dengan mereka bagaimana cara menuangkan ide-ide mereka menjadi tulisan. Dengan cara menyenangkan dan sambil bermain.

Sekali lagi semoga ini bukan hanya sebatas ide dan saran. Semoga ini bisa diwujudkan. Amin.

Artikel ini diikutsertakan dalam #GiveAwayPeduliKasih

7 komentar:

  1. Semoga saran dan idenya bisa diwujudkan ya,mbak. Kita juga bisa mengajak mereka menabung di bank sampah. Apa pun itu, semoga bisa membantu mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba amin. Senang rasanya kalau bisa mewujudkan ide jadi aksi nyata.

      Hapus
    2. Semoga yg jauh juga bisa merealisasikan paling tidak satu dari sekian banyak idenya 😊

      Hapus
  2. Aku suka ide mengolah sampah jadi barang berharga. Memacu kreatifitas. Semoga bisa terwujud ya,Mbak.

    BalasHapus
  3. Wah, ide berbagi yang luar biasa. Semoga semuanya bisa terwujud, ya? ^^ Sukses buat GA-nya.

    BTW, saya sudah follow blog dan G+nya. ^^

    BalasHapus

Design By Wulan Kenanga | Blogger Theme By Black Coffee Design