Jumat, 10 April 2015

Jumat Jelangkung

"Datang tak dijemput, pulang tak diantar."

Buat yang menderita gangguan mood atau bahasa kerennya mood swing pasti tidaklah asing. Ya mood jelek sudah seperti jelangkung yang nongol tiba-tiba dan pergi entah kapan.

Lha dimana-mana orang senang kan kalau jumat datang. Sampe ada slogan: thanks god it's friday. Ini mas Imam beda. Dia stres berat kalau Jumat tiba. Kenapa? *gayaanakdiiklanoreo

Mood jelek menyandera mas Imam saat dia tiba di rumah. Rumah dalam keadaan layaknya kapal usai dihantam badai. 

Mood berubah baik saat anak mas Imam yang berjumlah 3 laki-laki itu mulai membereskan mainannya. Saat tahu sang ayah pulang, mereka bergegas mengembalikan mainannya ke rak-rak kayu sesuai labelnya. Kakak tertua membantu adik bungsu untuk mengenali label dengan menunjuk gambar mobil-mobil. Sesuai dengan mobil kuning yang dipegangnya. Sementara kakak tengah sibuk di dekat rak balok-balok.

Baru beberapa detik mengulas senyum, mas Imam diserang mood jelek lagi. Istrinya menyambut dengan daster yang masih bau bawang putih. Begitu menusuk hidung. 

Namun, senyum kembali mengembang saat aroma udang saus tiram merebak. Mas Imam memang tidak terlalu suka bawang putih tetapi istrinya selalu bisa membuat air liurnya hendak menetes bila mencium udang segar dimasukkan saat bawang putih yang ditumis dengan bawang putih menguarkan aroma harum tak terbantahkan. Ditambah saus tiram yang menghasilkan rasa gurih saat bercampur kecap manis dan saus cabe. 

Mas Imam pasti menambahkan nasi lagi jika udang saus tiram masih tersaji di mangkok bergambar ayam jago. Mengusir semua mood jelek dengan makanan.

Jumat jelangkung yang selalu menyapanya perlahan tetapi pasti mulai sirna. Istrinya tercinta selalu punya masakan di hari Jumat untuk dimakan bersama seluruh keluarga kecilnya. Masakan yang menerbitkan air liur. Menggaduhkan perut dengan orkes keroncong. Udang sahs tiram, tumis kanggung dan mendoan panas yang baru diangkat dari penggorengan.

Jumat jelangkung berakhir dengan riuhnya meja makan. Riuh denting sendok beradu dengan sendok. Riuh dengan celoteh curhat bagaimana mereka melalui hari Jumat ini. 

Nah bagaimana Jumatmu akan berlalu kawan? Silahkan pilih sendiri.

Finally, Thanks God It's Friday 😁

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Design By Wulan Kenanga | Blogger Theme By Black Coffee Design