Featured Slider

Menstimulasi Anak Suka Matematika, Hari 12 Pergi Kemana Saja Ada Matematika

Pergi ke mini market hitung permen, terus ke beli ayam goreng mengenal bentuk bulat dari roda, dan membuat nasi goreng belajar tahu waktu.

Ya terkadang hal-hal sederhana tak terduga malah menjadi bahan pembelajaran yang mengena.


👶 "Ibu, sedotan aku tinggi."
🧒 "Itu panjang dek bukan tinggi."
👶"Susu dedek tinggi ibu, punya ibu pendek."

Okelah, belajar memang harus ada yang konkrit bagi anak-anak batita dan balita. Sedekat mungkin dengan yang mereka temui sehari-hari.

#Harike12
#Tantangan17hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#ThinkLogic

Menstimulus Anak Suka Matematika, Hari 11 Maafkan Ibu Ya Nak!

Hari ini ibu ikut workshop membuat apron dan alas tahan panas. 

Salah perhitungan. Ibu kira siang sudah bisa selesai ternyata baru tuntas jam lima sore.

Sampai di depan gerbang, membayar ojek online, disambut tangisan kencang Geni. Ternyata terjadi insiden sebelum magrib. Geni dan Gian tabrakan hingga menyebabkan Geni jatuh dan terluka.

Ibu meminta maaf karena pulang tidak sesuai jadwal. Alhamdulillah ayah gerak cepat memberikan minyak andalan kami. Luka cepat mengering. 

👶 "Ibu, dedek jatuh kena mamas. Nangis dedeknya."
🧕 "Ibu minta maaf ya pulang terlambat sekali."

Sudah minta maaf. Makan bersama dan sekarang mulai baikan. Sudah banyak bicara.

👶"Ibu, ibu cantik. Ayah ganteng, dedek ganteng, Mamas ganteng."
🧒 "Ibu tadi dedek kena batu jadi berdarah banyak."
👶 "Four, five, six, seven, eight, nine terus ten."
🧒 "Ini aku juga punya luka. Keseret aja tapi. Udah mau sembuh. Kok lama ya bu ganti kulit barunya?"
🧕 "Ya terus makan sehat dan bergizi mas."


#Harike11
#Tantangan170hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#ThinkLogic

Menstimulasi Anak Suka Matematika, Hari 10 Mengenalkan Matematika Logis Ala Emak Sensi

Punya dua anak laki-laki berarti mengenalkan juga pekerjaan ibu saat di rumah yang ada hubungannya sama matematika. Kenapa? Ya biar nanti saat menikah tidak semena-mena sama istri. Anak aku bisa menghormati istrinya seperti dia menghargai ibunya. Awas ya kalau nanya harga berapa, tampol nih ama emak sensi *dih baper. Bodo amat!

lihat anak lahap makan membuat ibu bangga

Sosis murah, mudah, cepat. Namun jadi pilih-pilih kalau akhir bulan dan anak-anak mulai susah makan. Matematika logisnya untuk bertahan hingga gajian dan kecerdasam bahasanya untuk membangun kesadaran anak-anak. Ya hidup tak selalu tentang keinginan yang terwujud tetapi juga memahami  perubahan situasi.

andalan akhir bulan dan penahan nafsu makan

Sambal atau sensasi pedas adalah sisi tambahan dari perhitungan ala emak. Anak-anak harus tetap makan sehat sehari tiga kali ditambah dua kali cemilan tetapi ibu bisa makan berat satu kali saja. Ibu menambahkan sensasi pedas baik menggunakan sambal atau bubuk cabe.

#Harike10
#Tantangan17hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#ThinkLogic

Menstimulus Anak Suka Matematika, Hari 9 Jangan Biarkan Anak Bertanya dalam Diam


🧒"Lihat kekacuan ini. Siapa yang akan membereskan semua ini? Oh aku dan dedek tentu saja."
🧒"Aku kan cuma tanya-tanya bu."
🧒"Ih aku tanya malah main hp aja."

Bertanya adalah tanda anak berkembang kognitifnya. Namun bagi ibu yang kurang dewasa macam aku, butuh banyak belajar dari anak malah. Semoga masa menunggu jawaban atau sebel saat ibu lebih fokus main hp tidak membuat mamas atau dedek baper kemudian malas bertanya.

Memang banyak sekali pertanyaan yang keluar hari ini tetapi ibu tidak fokus ke itu malah fokus melihat gerak tangan mamas Gian. Mamas membantu ibu memasukkan tahu ke dalam minyak yang mulai panas. Biasanya mamas menolak tetapi hari ini dengan fokus penuh mamas memasukkan tahu ke dalam wajan.

🧒 " Ibu kenapa minyaknya ada gelembungnya kalau panas."
👶 "Awas meledak ya bu. Meledak nanti mas."
🧕 "Kira-kira mamas tahu gak kenapa?"
🧒 "Biar naik panasnya terus aku bisa goreng."



👶 "Ayo mas goreng. Satu, dua, tiga."
Lha DulGeni ngitung sambil mundur tiga langkah. 
🧕 "Kenapa dek?"
👶 "Awas nanti meledak ibu. Mamas, ayo!"
Terus gak papa gitu dek kalau mamas kena ledakan minyak panas. Ah gak beres nih DulGeni.
Ya mamas juga tumben santai masukkin semua tahu sambil menghitung. 
🧒"Udah semua bu. Ada sepuluh. Terus ibu itu bikin apa? Kok cabenya ada sepuluh juga. Bawang merahnya ada tiga aja."
🧕 "Sambal kecap mas."
🧒 "Kenapa sih ibu suka pedes? Pedes kan bahaya ibu. Sakit lho nanti perutnya."
👶 "Dedek juga mau mas pedes. Mamas gak mau pedes. Gak mau?"
🧒 "Gak ah nanti sakit perut."

Sebab akibat dan akibat yang mampu mamas jelaskan tetapi belum begitu dipahami oleh dedek. 

#Harike9
#Tantangan17hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#ThinkLogic

Menstimulus Anak Suka Matematika, Hari 8 Fokus ke Kelebihan dan Penerimaan

Seharian multi chatting membuat aku sadar bahwa sangat mudah memberikan saran kepada orang lain tetapi sulit untuk fokus ke ke kelebihan diri kemudian menerima. Seolah orang lain adalah manusia tanpa cela sementara diriku bergelimangan dosa.

Begitu pula pada saat aku memandang anak-anak. Ah anak-anakku tidak sehebat yang lain. Banyak kurangnya. Harus nambah ini perlu dikuatkan di aspek itu. Tuntutan, tuntutan, dan tuntutan. 

Tidak perlu lah cerita ke orang kekurangan anak-anakku yang harus diceritakan adalah kelebihannya saja. Kemudian aku sampai pada titik, siapa sih anak yang sedang membereskan mainan itu? Siapa pula yang lagi menyapu sisa-sisa makanan agar tidak mengundang semut berpesta.

Owow... Itu duoG ibu. Anak-anakmu. Sibuk dengan kasus-kasus anak lain kemudian abai dengan kelebihan anak sendiri. Ah pasti ada kurangnya ini anak. Belum mampu fokus untuk menerima kelebihan anak sendiri. Marah lagi, ngomel mulu, dan nuntut terus.

Ibu membiarkan anak-anak main bebas. Tidak ada pijakan. Ibu mengamati saja sejauh mana mereka berkreasi.

Mamas Gian lapar setelah itu mulai memotong-motong ikan krispi tuna sisa kemarin menjadi empat. Selesai dengan ikan, mamas Gian meminta batuan ibu memasukkan potongan ikan ke dalam nasi panas agar mudah membulat-bulatkan. Ya intinya ikan terbungkus nasi. Lho kok lahap makannya. Beres makan semua piring dan peralatan mamas letakkan di tempat cuci piring.

dipotong empat biar nanti sushinya gak besar banget
Mamas Gian ternyata memperhitungkan komposisi sushi yang dia imajinasikan kemudian dia eksekusi sushi ikan bulat ala GianGaraGembul.


👶 "Buka dulu kulitnya bu!"
🧕 "Dikupas nak."
👶 "Satu, dua, tiga, empat. Selesai deh. Ayo makan."

Geni mengupas kulit pisang sambil menghitung. Begitu pisang yang kedua tinggal setengah, Geni sudah kenyang, dibungkus lagi kulitnya terus dia taruh di tempat sampah. Untung ketahuan sama ibu yang meleng sebentar. Ibu melihat mamas Gian membuat terowongan dari balok di tengah lintasan hotwheel. Akhirnya belum sempat nanya-nanya, ibu keburu  mengambil pisang yang alhamdulillah tertutup sempurna jadi masih bisa diselamatkan. Ibu memasang wajah garang terus menerangkan ke Geni kenapa tidak boleh membuang makanan.


Begitu ibu dan Geni sepakat mengenai makanan, terowongan sudah hancur diserang monster. Geni juga langsung mengambil alih membuat kreasi dari balok. Geni menyusun seperti tangram. Mamas memberi tahu macam-macam bentuk geometri seperti segitiga persegi, persegi panjang, dan bulat pada silinder. 

Tuh kan ibu kalau fokus ke kelebihan dan penerimaan jadi punya rem. Tidak hanya menuntut dan menuntut saja.


#Harike8
#Tantangan17hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#ThinkLogic

Menstimulasi Anak Suka Matematika, Hari 7 Bermain dan Belajar Bersama

Aktivitas main hari ini sungguh membuka mata. Di dapur dengan dua anak laki-laki berkreasi dengan tepung, ikan, dan telur. Semua dihitung dan direncanakan biar rasanya pas di lidah.

🧒 "Ibu, telurnya dua terus dikasih garam biar asin sedikit. Tepungnya biar telurnya nempel. Tepungnya bau bawang ya bu."

Aku sama sekali pesimis akan bermanfaat saat memutuskan menjadi ibu rumah tangga.  Bisa apa aku ya Allah kok ya dikasih rezeki jadi ibu rumah tangga. Ternyata sekarang lah waktunya. Geni kalau sakit pasti gak doyan makanan beli kecuali mie ayam. Harus makanan yang aku masak. Sementara Gian memang dari kecil tertarik dengan dapur dan memasak. 

Pada saat turun ke dapur maka Gian akan bersemangat membantu. Apalagi mainan tepung. Bahagia juga berbinar. Ibu bahagia karena bisa membuat duoG bermain dan belajar bersama. Ibu merasa bermanfaat.

Semua Gian yang balurin, ibu bagian siapin dan goreng

Ikan tuna yang sudah diiris tipis kemudian dibalur dengan tepung. Mamas sambil menghitung dan menyebutkan apakah bentuk ikannya persegi atau persegi panjang. Setelah itu ikan masuk ke kocokan telur yang sudah ditambah seujung sendok teh garam dan balik ke tepung lagi baru digoreng.  

Hasil perjuangan yang akhirnya buat bekal ngebolang

Dedek Geni sibuk tuang-tuang air teh dari satu gelas ke gelas yang lain.

👶"Ibu aku tuang gelasnya dua. Satu dua."

Ya baru paham konsep dua.

Malam setelah ngebolang, duoG minta main puzzle dan menikmati sekali.



Puzzle angka ini mainan lama yang aku pikir sudah tidak disukai oleh duoG. Eh begitu nongol, langsung jadi primadona lagi dia.

Ayah juga membantu dengan menceritakan pak Budi si pemadam kebakaran yang kehilangan dua matanya. Ide dari boneka tangan yang matanya dilepas sama dulGeni.

#Harike7
#Tantangan17hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#ThinkLogic

Menstimulasi Anak Suka Matematika, Hari 6 Kejedut juga Bisa Dihitung


Geni hari ini luar biasa aktif. Sudah diingatkan untuk hati-hati agar terhindar dari cedera, tetap saja bolak-balik terbentur.

🧕 "Kamu kok kejeduk kaya makan dek. Sehari tiga kali."
👶 "Iya aku nangis kejeduk."

Habis kejeduk jadi manja minta digaruk punggungnya, tangannya, dan kakinya."

👶"Bukan yang atas ibu. Itu yang bawah."
🧕 Salah ibu garuk pake satu tangan karena yang satunya ngetik.

Mulai tahu konsep atas bawah. Meskipun menghitungnya masih satu, dua, empat, delapan kemudian berakhir dengan banyak.


Mamas berkreasi dengan mobil kecil-kecil. Dari lintasan buku, lintasan tinggi di atas gunung menggunakan bantal, hingga lintasan dengan dua rel.

Tidak spesifik menghitung tetapi lebih ke bagaimana mamas dan dedek menceritakan kembali detil permainannya ke ibu dan ayah.


#Harike6
#Tantangan17hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#ThinkLogic